PENERAPAN MODEL PROJECT BASED
LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGEN
MATA PELAJARAN
INFORMATIKA DENGAN MEDIA PPT
PENDAHALUAN
Penyusunan Best Pretice berada di instansi
SMA Negeri 1 Tangen. Metode yang digunakan adalah metode PjBL sebagai upaya
meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Informatika pada materi Jaringan Komputer dan Internet.
SITUASI
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah praktek pembelajaran ini yaitu : Peserta
didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, bergantung orang lain dalam
menyelesaikan tugas, Kurangnya penggunaan
media interaktif yang membantu siswa
untuk memahami materi serta menarik minat belajar selama pembelajaran
berlangsung. Berdasarkan permasalahan ini, praktik baik (Best Practice) dilakukan
untuk mengatasi permasalahan pembelajaran menggunakan model dan strategi yang tepat
sehingga pembelajaran inovatif.
Melalui berbagai
kajian literatur dan wawancara, ditemukan bahwa salah satu media pembelajaran
dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan
Model pembelajaran Project Based Learning berbantuan PPT.
TANTANGAN
Berdasarkan
hasil pengalaman di lapangan, pelaksanaan pembelajaran model Project Based Learning berbantuan
PPT memiliki tantangan Antara lain :
Guru harus mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa yang menyenangkan dan
berpusat pada siswa, Tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda, Penggunaan
media dan alat peraga yang lebih kontekstual serta menarik bagi siswa serta
Pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan
karakteristik materi pelajaran. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru
melakukan tindakan sebagai berikut : Guru melakukan persiapan diantaranya
membuat media dari aplikasi PPT dan aplikasi lainnya seperti G-Form, dan Youtube,
membuat LKPD, menyiapkan perangkat, dan memberi arahan peserta didik untuk mempersiapkan diri sebelum
pelaksanaan aksi, Menggunakan model Project Based Learning dengan metode
pembelajaran yang relevan serta pemanfaatan teknologi disesuaikan dengan TPACK.
AKSI
Langkah aksi praktik baik ini menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning dengan strategi menggunakan
pendekatan saintifik menggunakan media dari PPT, aplikasi
Google Form, dan Youtube, untuk
memicu kemandirian siswa dengan langkah kegiatan sebagai berikut:
Proses pembelajaran, Pendekatan TPACK Agar pembelajaran
menarik dan mengikuti perkembangan zaman,
digunakan PPT dan juga Google Form sebagai media bantu refleksi dan
asesmen. Adapun sintak Project Based Learning yang dilakukan dalam
pembelajaran ini adalah : Menentukan tema Projek, Perencanaan project guru
menjelaskan projek mana yang dipilih dan Mengorganisasikan peserta didik
menjadi 6 kelompok, Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Mengembangkan
Perencanaan dan desain projek, Penilaian projek siswa melakukan presentasi kemudian
kelompok lain menilai dan menanggapi, Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah. Guru melakukan
analisis dari hasil diskusi dan presentasi kelompok melalui asesmen formatif.
Refleksi Hasil dan dampak
Dampak Terhadap Guru: Penggunaan media PPT, dalam pelaksanaan aksi dapat membuat guru semakin inovatif, Pengimplementasian media ajar berbasis TPACK
membuat guru semakin termotivasi. Dampak Terhadap siswa : melatih kemandirian siswa dalam belajar, media ajar berbasis TPACK membuat siswa lebih bersemangat dan tidak bosan saat proses
pembelajaran. Dampak Terhadap Sekolah : Penerapan aksi akan membuat
pembelajaran di sekolah semakin bervariatif dan berdampak positif bagi siswa.
Hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan siswa dapat disimpulkan siswa
senang dengan pembelajaran model Project Based Learning berbantuan
PPT. Kegiatan
tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai tujuan pembelajaran,
yaitu dapat membuat dan praktik pengkabelan yang digunakan untuk konektifitas
internet dengan media wireline. Aksi ini juga berdampak kepada kemampuan siswa
dalam meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran.
Penutup
© Copy Right - 2021-SMA NEGERI 1 TANGEN SRAGEN. All Rights Reserved.