Sebagai seorang guru pastilah
bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan
pembelajaran secara efektif
sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut
tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, serta menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak
hanya metode ceramah).
Strategi yang digunakan
oleh guru yaitu dengan memilih
pembelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik
dengan memanfaatkan gambar-gambar, video youtube yang sesuai dengan materi yang ditayangkan dalam bentuk Powerpoint.
Dengan menggunakan
model pembelajaran PBL, diskusi kelompok
dan tanya jawab. Melakukan kegiatan
pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam Modul
Ajar. LKPD, instrument penilaian, media pembelajaran sebagai alat yang dapat membantu
siswa dalam memahami
materi.
Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas
dengan mengunakan model pembelajaran PBL dengan meteode yang bervariasi ( Ceramah, diskusi,
tanya jawab dan penugasan dan menggunakan media
PPT dan Video),
mempunyai dampak bagi peserta didik yaitu penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK
dalam bentuk video dan PPT memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir kritis peserta
didik dapat ditingkatkan.
© Copy Right - 2021-SMA NEGERI 1 TANGEN SRAGEN. All Rights Reserved.