PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 TANGEN MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Project Based Learning (PjBL). PjBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berorientasi pada proyek.


A.   Penerapan PjBL dalam pembelajaran Informatika di kelas X memiliki beberapa manfaat, antara lain :

  • Meningkatkan motivasi belajar siswa: PjBL memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan proyek. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
  • Mengembangkan keterampilan abad ke-21: PjBL membantu siswa mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, dan berpikir kritis.
  • Meningkatkan pemahaman konsep : PjBL membantu siswa memahami konsep Informatika dengan lebih baik karena mereka belajar dengan cara menerapkannya dalam proyek nyata.
  • Meningkatkan hasil belajar: PjBL terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional.

B.   Langkah-langkah Penerapan PjBL

Berikut adalah langkah-langkah penerapan PjBL dalam pembelajaran Informatika di kelas X :

Menentukan topik proyek : Guru memilih topik proyek yang relevan dengan materi Informatika yang akan diajarkan.

1.      Membentuk kelompok : Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil.

2.      Merumuskan pertanyaan proyek : Guru membantu siswa merumuskan pertanyaan proyek yang akan mereka jawab melalui proyek.

3.      Merencanakan proyek : Guru dan siswa bersama-sama merencanakan proyek, termasuk menentukan tujuan proyek, langkah-langkah pengerjaan, dan sumber daya yang dibutuhkan.

4.      Melaksanakan proyek : Siswa melaksanakan proyek dengan bimbingan guru.

5.   Mengevaluasi proyek: Guru dan siswa bersama-sama mengevaluasi proyek, termasuk menilai hasil proyek dan proses pengerjaan proyek.


C.    Contoh Proyek PjBL

  1. Berikut adalah beberapa contoh proyek PjBL yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Informatika di kelas X :
  2. Membuat aplikasi web sederhana: Siswa dapat membuat aplikasi web sederhana untuk menyelesaikan suatu masalah, seperti aplikasi kalkulator, aplikasi daftar belanja, atau aplikasi to-do list.
  3. Membuat game edukasi: Siswa dapat membuat game edukasi untuk membantu siswa lain belajar materi Informatika.
  4. Membuat animasi: Siswa dapat membuat animasi untuk menjelaskan suatu konsep Informatika.
  5.  Membuat blog atau website: Siswa dapat membuat blog atau website untuk membahas topik Informatika yang merek minati.

D.    Kesimpulan 

    Penerapan model PjBL dalam pembelajaran Informatika di kelas X dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, mengembangkan keterampilan abad ke-21, meningkatkan pemahaman konsep, dan meningkatkan hasil belajar.



Admin
Bagikan :
Info Sekolah

Jl. Raya - Gesi Km 02, Tangen, Sragen 57261

08112651593

[email protected]

Sosial Media
Agenda Sekolah

© Copy Right - 2021-SMA NEGERI 1 TANGEN SRAGEN. All Rights Reserved.